Berkah Herbal Banner 9
Home » » Kurikulum baru, IPA - IPS dihapus

Kurikulum baru, IPA - IPS dihapus

Cari Aja di Siny | 23.12 | 0 komentar
Kurikulum baru, IPA - IPS dihapus



Jakarta - dua pelajaran yang selama ini menjadi momok sebagian siswa SD, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sebentar lagi tinggal kenangan. Dalam kurikulum baru yang diberlakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Tahun ajaran 2013/2014, dua mata pelajaran itu dihapus atau digabung dengan pelajaran lain.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Khairil Anwar di gedung Kemendikbud, Jakarta, kemarin (27/9). Dia mengatakan, dari hasil diskusi di kementerian, pelajaran di sekolah tingkat dasar lebih ditekankan kepada bagaimana membentuk anak yang disiplin, jujur, dan bersih.

Perubahan ini, kata Khairil, terkait dengan revisi kurikulum pendidikan nasional yang sudah tidak mengikuti perkembangan zaman. Penghapusan dua mata pelajaran itu juga sebagai akibat pengurangan jam belajar.

Mata pelajaran yang nanti diberikan kepda siswa SD adalah pelajaran agama, pendidikan kewarganegaraan (PKn), Pancasila, Bahasa Indonesia, dan matematika dasar saja. Penyederhanaan mata pelajaran ini tetap disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar (SKKD).

"Jadi, misalnya penilaian dipelajaran agama. Tidak hanya praktek shalat yang dinilai. Akan dinilai juga apakah dia suka menjahili teman atau apakah dia suka mencuri," jelas Khairil.


Sumber: Koran JAWA POS, jumat 28 september 2012 hal.2
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. E-LinKs 4 U - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger