Berkah Herbal Banner 9
Home » » Ditemukan: Makam Bawah Tanah Lebih Tua Dari Piramida Giza

Ditemukan: Makam Bawah Tanah Lebih Tua Dari Piramida Giza

Cari Aja di Siny | 21.57 | 0 komentar
Ditemukan: Makam Bawah Tanah Lebih Tua Dari Piramida Giza



Jika piramida Giza di Mesir dibangun sekitar tahun 2560 SM yang lalu, maka penemuan para ahli yang satu ini lebih legendaris: makam bawah tanah yang berusia lebih dari 5.000 tahun lamanya! Makam bawah tanah tersebut ditemukan di Inggris dan diperkirakan telah berusia 5.000 tahun, 250 tahun sebelum piramida Giza dibangun.


Makam bawah tanah tersebut tepatnya berada di daerah Orkney, bagian utara pesisir Skotlandia. Ruang-ruang yang terbuat dari batu tersebut ditemukan dalam keadaan terkubur debu dan lumpur, namun teknologi pemindai laser mempermudah para ahli untuk membersihkan lumpur dan membuka salah satu ruang makam bawah tanah yang tersembunyi ini.


Nama dari makam bawah tanah yang lebih tua dari piramida Giza tersebut adalah Maeshowe yang memiliki tinggi 3,8 m dan mencapai panjang 11 m. Maeshowe termasuk peninggalan Zaman Batu Muda yang merupakan salah satu dari World Heritage Site UNESCO.


Sebagaimana berita ini dilansir dari New Scientist (30/04), tim yang melakukan pemindaian Maeshowe ini adalah para ahli dari Glasgow School of Art's Digital Design Studio dan pemerintah sejarah Skotlandia. Selain Maeshowe, ada beberapa situs lain yang harus dipindai dan memungkinkan semua situs tersebut nantinya bisa dijadikan tempat wisata.


Meskipun demikian, ada kekhawatiran apabila situs ini dibuka untuk umum, maka para wisatawan akan merusak kealamian yang ada. Sebab ribuan tahun yang lalu, daerah Orkney sempat dirusak dengan berbagai coretan pada batu oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.



Sumber: merdeka

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. E-LinKs 4 U - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger