Berkah Herbal Banner 9
Home » » Kenapa Ada Tanda Spiral di Mars?

Kenapa Ada Tanda Spiral di Mars?

Cari Aja di Siny | 19.31 | 0 komentar
Kenapa Ada Tanda Spiral di Mars?


Apakah tipuan crop circle sudah mencapai Mars? Atau ada hal lain yang sedang terjadi? Apakah tanda spiral pada permukaan Mars ini, dan dari mana asalnya?


Sebenarnya, spiral yang terlihat seperti nautilus ini adalah hasil dari aliran lava yang belum ditemukan sebelumnya.


Tanda seperti ini seringkali ditemui di bumi, tetapi tak pernah terlihat pada Mars. Andrew Ryan, seorang mahasiswa lulusan Arizona State University menemukannya saat meneliti mengenai bagaimana air akan berinteraksi dengan aliran lava di Mars. Proyeknya adalah untuk membuat model emisi inframerah di wilayah Elysum Mars pada malam hari


Dia mengambil gambar lebih dekat dan melihat spiral-spiral ini. Ryan mengetahui bahwa bentuk spiral serupa juga ada di kepulauan besar Hawaii atau pada dasar laut di Galapagos Rift. Spiral terbesar di Mars memiliki lebar 100 kaki. Menurut Ryan, terbentuknya lingkaran spiral ini adalah hal wajar yang disebabkan oleh interaksi aliran lava yang berbeda.


"Lingkaran ini terbentuk karena adanya aliran-aliran dengan tegangan geser, dimana setiap aliran yang berbeda arah melewati satu sama lain dengan kecepatan berbeda. Potongan kerak lava bisa terkelupas dan menyebabkan kerutan yang pada akhirnya menghasilkan bentuk memutar," jelas Ryan seperti dikutip oleh io9.com.


Hasilnya adalah sebuah lingkaran spiral yang indah pada permukaan Mars yang berdebu. Sepertinya, alam semesta selalu bisa menunjukkan hal-hal yang luar biasa.



Sumber: merdeka

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. E-LinKs 4 U - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger